laporan observasi pembelajaran anak usia dini



LAPORAN OBSERVASI
PEMBELAJARAN DAN PENGELOLAAN KELAS AUD
Dosen Pengampu: YENIZAR N, S.Pd.I., M.Pd




Disusun Oleh:
HERI YANTO
TRA 151756



JURUSAN PENDIDIKAN ISLAM ANAK USIA DINI

FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN

IAIN SULTAN THAHA SAIFUDIN JAMBI

TAHUN 2017




KATA PENGANTAR

            Puji syukur penulis panjatkan kepada Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat-Nya sehingga penulis dapat melaksanakan observasi dan menulis laporan hasil observasi tepat pada waktunya,
Untuk melengkapi tugas mata kuliah bersama dosen pengampu YENIZAR N, S.Pd.I.,M.Pd Laporan ini merupakan hasil pengamatan langsung penulis di Yayasan Ummul Khair
Pusat Kegiatan Belajar Taman Kanak-kanak MAMBA’UL ULUM
            Tersusunnya laporan ini tidak terlepas dari bantuan berbagai pihak sehingga pada kesempatan ini penulis mengucapkan terima kasih kepada yang terhormat :
1.     YENNIZAR.N, S.Pd.I., M.Pd.kepala sekolah Taman Kanak-Kanak Mamba’ul Ulum yang telah  yang telah memberikan izin untuk observasi
2.     Bunda Ratna selaku guru Sentra Bahan Alam yang sudah membantu.
3.     Semua pihak yang tidak bisa disebutkan satu persatu.
            Dalam penyusunan laporan ini penulis berusaha seoptimal mungkin demi sempurnanya laporan, namun penulis menyadari bahwa laporan ini masih jauh dari kesempurnaan. Untuk itu dengan lapang hati penulis mengharap saran dan kritik yang membangun untuk menjadi masukan dan sebagai tambahan bagi penulis.
            Akhir kata penulis mengucapkan terima kasih atas kritik dan saran yang diberikan kepada penulis. Semoga laporan ini dapat bermanfaat bagi pihak-pihak yang berkepentingan.


                                                                                   Kecamatan Bajubang Kabupaten Batanghari,
28 April 2017



                                                                                                Penulis



Observasi Kegiatan Proses Belajar TK Mamba’ul Ulum
IDENTITAS SEKOLAH
1. Lokasi dan waktu observasi
TK Mamba’ul Ulum
Jl. Veteran Rt03 Rw01 Kecamatan Bajubang
Foto Guru beserta Murid-Murid TK Mamba’ul Ulum
Waktu Observasi
Tanggal  28 April 2017 (Hari Jum’at) Jam : 08.00 – 10:00 , Observasi dan wawancara
2. Subyek dan obyek yang diobservasi
Subyek : Murid-Murid TK Mamba’ul Ulum
Obyek : Observasi pada hari jum’at dilakukan saat awal murid-murid berbaris, kemudian  menuju ke sentra  untuk melakukan kegiatan pembelajaran

BAB I
PENDAHULUAN

A.  LATAR BELAKANG OBSERVASI
Pada TK Mamba’ul Ulum ini,
a)      Kegiatan awal yang dilakukan oleh anak adalah:
1)      Ikrar diisi dengan senam atau gerak dan lagu
2)      Do’a sebelum belajar
3)      Bernyayi dengan riang gembira
4)      Penyampaian kegiatan yang akan dilakukan hari tersebut
b)      Kegiatan inti:
1)      hendak mencapai 3 perkembangan anak:
        Fisik motorik dengan senam
        Bahasa dengan tanya jawab melalui cerita
        Kognitif dengan menghitung jumlah benda
c)      Istirahat:
1)      Makan bekal
2)      Bermain
d)     Penutup:
1)      Mengulas kegiatan yang sudah dilakukan anak satu hari disekolah
2)      Do’a Al Asr dan do’a untuk orang tua
3)      Pulang

B.  TUJUAN OBSERVASI
Pengamatan yang penulis lakukan ini memiliki beberapa tujuan antara lain:
1. Untuk mengetahui operasional kegiatan TK Mamba’ul Uum
2. Untuk mengetahui kegiatan pembelajaran di TK Mamba’ul Ulum
3. Untuk mengetahui permainan yang ada di TK Mambaul Ulum
4. Untuk mengetahui pengelolahan kelas AUD di TK Mambaul Ulum

C.  METODE OBSERVASI
Untuk memperoleh data dan informasi dalam observasi penulis menggunakan metode-metode sebagai berikut :
1.      Metode wawancara yaitu pengumpulan
data dilakukan dengan cara mengajukan pertanyaan-pertanyaan kepada responden yang menjadi narasumber.
2.      Metode pengamatan yaitu pengumpulan data dilakukan dengan cara melihat, mengamati serta menganalisis apa yang menjadi objek. Dalam hal ini penulis melakukannya dengan cara mengikuti kegiatan pembelajaran yang ada di Taman Kanak-kanak Mamba’ul Ulum, khususnya kegiatan di kelas TK, Kelompok Bermain dari awal hingga akhir.



BAB II
HASIL OBSERVASI
Pada Sentra Bahan Alam
a)         Pembukaan kegiatan awal:
1.         Pelaksanaan pijakan sebelum bermain sesuai SOP Pmb/004
2.         Membahas bersama anak tema dan kegiatan bermain
b)         Media Kegiatan:Alat dan Bahan
1.         Bermain pasir
2.         Menggambar bebas: kertas, pensil, krayon
3.         Bermain Air
4.         Meniru kata: pensil penghapus
c)         Kegiatan Diluar Kelas:
1.         Penyambutan anak sesuai SOP penyb/001
2.         Kegiatan jurnal pagi sesuai SOP S-GL/003
3.         Bermain motoric kasar dan halus
4.         Bermain bebas
v  Transisi
Antri ke toilet, cuci tangan, berbagi menuju sentra dengan tertib
d)         Penutup
1.         Recalling
2.         Berdoa sebelum makan
3.         Makan(bekal anak)
4.         Berdoa sesudah makan
5.         Mengulas tema pada hari itu
6.         Baca surah al asr dan doa orang tua

Keadaan TK, PAUD, dan Kelompok Bermain Yayasan Ummul Khair Bajubang sudah cukup baik sebagai wilayah edukasi yang kondusif. Dengan bangunan gedung milik sendiri, terdiri atas lima sentra belajar untuk sentra kelas Main Peran, sentra kelas Seni dan Kreativitas dan sentra kelas Persiapan, sentra kelas ImtaQ dan sentra luar Bahan Alam. ruang guru dan staff, ruang pembelajaran untuk kegiatan guru,
seperti kejar paket ataupun pelatihan keterampilan,toilet, serta halaman bangunan yang cukup luas sebagai arena bermain dan berkreasi anak anak. Suasananya kondusif dalam artian baik dan mendukung sebagai tempat belajar yang tenang dan aman.

Foto-Foto Kegiatan Pada Sentra BelajaR Bahan Alam

c.      Alat Permainan yang ada di TK Mamba’ul Ulum
·         Alat PermaninanIndoor
ü  Gambar presiden dan wakil presiden
ü  Gambar pancasila
ü  Poster bergambang bunga rukun islam
ü  Poster bergambar alat-alat transportasi
ü  Poster bergambang buah anggur rukun iman
ü  Poster bergambar alat-alat music
ü  Poster bergambar 4 sehat 5 sempurna
ü  Poster bergambar sholat 5 waktu
ü  Poster bergambar huruf hijaiyah
ü  Poster bergambar tata cara wudhu
ü  Poster bergambar nama hari-hari
ü  Poster bergambar nama-nama Nabi
ü  Poster bergambar angka
ü  Poster bergambar sayur mayur
ü  Poster bergambar rukun islam dan iman
ü  Poster bergambar nama bulan Islam
ü  Gambar huruf alphabet
ü  Gambar latihan membaca
ü  Kalender
ü  Kipas angin
ü  lemari untuk tempat buku gambar siswa dan buku tulis
ü  Gambar kegiatan profesi orang
ü  Gambar pemandangan
ü  Gambar alat-alat komunikasi
ü  Gambar tempat-tempat ibadah
ü  Tempat duduk dan meja siswa
ü  Tempat untuk meletakkan pensil berwarna dan krayon
ü  Jam dinding
ü  Mading untuk menempelkan hasil karya siswa
ü  Gunting
ü  Alat mencocok
ü  Berbagai jenis puzzle (puzzle susun segitiga, puzzle susun lingkaran, puzzle binatang, puzzle gambar buah)
ü  Keranjang sampah
ü  Balok susun
ü  Papan tulis
ü  Jadwal kegiatan pelajaran     
 
·       Alat Permainan Outdoor
ü  Ayunan (ayunan gantung dan ayunan geser)
ü  Prosotan
ü  Jungkat-jungkit
ü  Jembatan pelangi
ü  Ring basket
ü  Terowongan
ü  Tempat duduk putar
ü  Kubus pijakan,dll   
Ket : beberapa mainan outdoor yang tepat berada di depan halaman luar
Ket: ini adalah ruang kantor TK mamba’ul Ulum


A.  OPERASIONAL KEGIATAN TK,PAUD,KB

1.     Kegiatan anak
Berdasarkan hasil observasi saya, untuk seluruh siswa masuk pada 08.00 WIB. Anak-anak datang sebelum jam masuk atau tanpa diantar oleh keluarganya.
Anak mengikuti kegiatan pembelajaran seperti yang akan diuraikan di bawah ini. Sedangkan pada jam istirahat, anak-anak bermain di luar dengan alat permainan outdoor, sebagian ada yang membeli makanan ringan.Anak-anak pulang pada pukul 10.00 WIB setiap harinya.
2.     Kegiatan guru
Jumlah guru yang ada di Yayasan Ummul Khair ada 7 orang, dengan masing masing sentra 1 guru, ada guru pemabntunya. Para guru datang ke Yayasan dan anak-anak sudah mulai datang di depan pintu.Guru membersihkan dan menata sentra kelas kemudian baru memulai pembelajaran.Ketika pembelajaran selesai, guru merapikan alat-alat yang digunakan dan membersihkan ruang kelas kemudian berdiskusi dengan guru lainnya di ruangan kantor baru kemudian pulang.
3.     Kegiatan orang tua/pendamping
Sebagian siswa datang tanpa diantar orang tua mereka, karena umumnya jarak rumah mereka cukup dekat. Namun ada juga anak yang diantar dan dijemput orang tuanya setiap hari. Pada waktu istirahat semua anak memakan bekalnya dan setelah usai mereka bermain kemudian pulang,tidak ada satu orang tua pun yang menemani anaknya. Pas sudah ada dekat waktu pulang orang tua mulai datang menjemput anaknya ada orang tua murid yang mengobrol dengan wali muridnya yang lain, ada juga yang mengobrol dengan guru pengajar.

B.  KEGIATAN PEMBELAJARAN

Berdasarkan hasil observasi yang saya lakukan pada hari jum’at,
28 april 2017 kegiatan pembelajaran di :
A.    Sentra Bahan Alam
Kegiatan Awal 30 menit yang dilakukan di TK pukul 08.00-08.30
o   Baris
o   Bernyayi
o   Menggerakkan badan
o   Absen
o   Menuju ke Sentra
Kegiatan Inti 60 menit yang dilakukan di tiap-tiap sentra
Berikut adalah kegiatan-kegiatan yang telah saya observasi di sentra persiapan.Pada waktu itu, kegiatan intinya adalah bertemakan Alat Komunikasi/Telepon dan HP
30 menit pertama (pukul 08.30-09.00)
o   Membaca doa sebelum belajar
o   Menyanyi lagu-lagu telepon komunikasi
o   Menyebutkan aturan main
o   Guru menanyakan tema apa hari ini
o   Guru menanyakan manfaat Telepon dan HP
o   Guru menceritakan tentang Telepon dan HP
o   Kemudian anak diberikan waktu untuk menjawab pertanyaan dan memilih pembelajaran apa yang di inginkan
o   Ada yang bermain Ayunan
o   Ada yang bermain Perosotan
o   Ada yang lari-larian dan bermain pesawatan
30 menit kedua (pukul 09.00-09.30)
o   Anak di ajak berbaris di luar
o   Disaat antri guru membantu memberikan sabun
o   Kemudian satu persatu anak mencuci tangannya
o   Setelah itu anak langsung masuk kedalam sentra
o   Membaca doa sebelum makan
o   Membuka bekal mereka masing-masing
o   Dan langsung makan bersama
o   Setelah makan mereka bermain diluar
Istirahat (pukul 10.00)
Anak-anak yang selesai makan kemudian memanfaatkan waktu istirahat selama 30 menit.Ada yang bermain di permainan outdoor, Namun ada juga yang masih makan karena belum selesai.

1)      Kegiatan Penutup
• Setelah selesai,guru membersihkan lantai sentra sedangkan  anak-anak bermain kembali
• kemudian setelah sentra sudah dibersihkan anak-anak kembali masuk kedalam
• Anak-anak diminta berkumpul kembali
• Membahas tentang tema pada hari itu
• Membaca surat Al ‘Asr
• Membaca doa selesai belajar
• Mengucapkan salam “Assalamu’alaikum”
Itulah salah satu sentra yang saya masukin pada saat observasi,kemudian saya lanjut observasi pada hari berikutnya








Komentar