laporan observasi pembelajaran anak usia dini
LAPORAN
OBSERVASI
PEMBELAJARAN
DAN PENGELOLAAN KELAS AUD
Dosen
Pengampu: YENIZAR N, S.Pd.I., M.Pd
Disusun
Oleh:
HERI
YANTO
TRA
151756
JURUSAN
PENDIDIKAN ISLAM ANAK USIA DINI
FAKULTAS
TARBIYAH DAN KEGURUAN
IAIN
SULTAN THAHA SAIFUDIN JAMBI
TAHUN
2017
KATA
PENGANTAR
Puji syukur penulis panjatkan
kepada Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat-Nya sehingga penulis dapat
melaksanakan observasi dan menulis laporan hasil observasi tepat pada waktunya,
Untuk melengkapi tugas mata kuliah bersama
dosen pengampu YENIZAR N, S.Pd.I.,M.Pd Laporan ini merupakan hasil pengamatan
langsung penulis di Yayasan Ummul Khair
Pusat Kegiatan Belajar Taman Kanak-kanak
MAMBA’UL ULUM
Tersusunnya laporan ini tidak
terlepas dari bantuan berbagai pihak sehingga pada kesempatan ini penulis
mengucapkan terima kasih kepada yang terhormat :
1.
YENNIZAR.N, S.Pd.I., M.Pd.kepala sekolah Taman Kanak-Kanak Mamba’ul Ulum
yang telah yang telah memberikan izin
untuk observasi
2.
Bunda Ratna selaku guru Sentra Bahan Alam yang sudah membantu.
3.
Semua pihak yang tidak bisa disebutkan satu persatu.
Dalam penyusunan laporan ini
penulis berusaha seoptimal mungkin demi sempurnanya laporan, namun penulis
menyadari bahwa laporan ini masih jauh dari kesempurnaan. Untuk itu dengan
lapang hati penulis mengharap saran dan kritik yang membangun untuk menjadi
masukan dan sebagai tambahan bagi penulis.
Akhir kata penulis mengucapkan
terima kasih atas kritik dan saran yang diberikan kepada penulis. Semoga
laporan ini dapat bermanfaat bagi pihak-pihak yang berkepentingan.
Kecamatan Bajubang Kabupaten Batanghari,
28
April 2017
Penulis
Observasi
Kegiatan Proses Belajar TK Mamba’ul Ulum
IDENTITAS
SEKOLAH
1. Lokasi dan waktu observasi
TK Mamba’ul Ulum
Jl. Veteran Rt03 Rw01 Kecamatan Bajubang
Foto Guru beserta Murid-Murid TK Mamba’ul
Ulum
Waktu Observasi
Tanggal
28 April 2017 (Hari Jum’at) Jam : 08.00 – 10:00 , Observasi dan
wawancara
2. Subyek dan obyek yang diobservasi
Subyek
:
Murid-Murid TK Mamba’ul Ulum
Obyek
:
Observasi pada hari jum’at dilakukan saat awal murid-murid berbaris,
kemudian menuju ke sentra untuk melakukan kegiatan pembelajaran
BAB
I
PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG OBSERVASI
Pada TK Mamba’ul Ulum
ini,
a) Kegiatan awal yang dilakukan oleh anak
adalah:
1)
Ikrar diisi dengan senam atau gerak dan lagu
2)
Do’a sebelum belajar
3)
Bernyayi dengan riang gembira
4)
Penyampaian kegiatan yang akan dilakukan hari tersebut
b) Kegiatan inti:
1)
hendak mencapai 3 perkembangan anak:
•
Fisik motorik dengan senam
•
Bahasa dengan tanya jawab melalui cerita
•
Kognitif dengan menghitung jumlah benda
c) Istirahat:
1)
Makan bekal
2)
Bermain
d) Penutup:
1)
Mengulas kegiatan yang sudah dilakukan anak satu hari disekolah
2)
Do’a Al Asr dan do’a untuk orang tua
3)
Pulang
B. TUJUAN OBSERVASI
Pengamatan yang penulis lakukan ini
memiliki beberapa tujuan antara lain:
1. Untuk mengetahui operasional kegiatan
TK Mamba’ul Uum
2. Untuk mengetahui kegiatan pembelajaran
di TK Mamba’ul Ulum
3. Untuk mengetahui permainan yang ada
di TK Mambaul Ulum
4. Untuk mengetahui pengelolahan kelas
AUD di TK Mambaul Ulum
C. METODE OBSERVASI
Untuk memperoleh data dan informasi
dalam observasi penulis menggunakan metode-metode sebagai berikut :
1.
Metode wawancara yaitu pengumpulan
data
dilakukan dengan cara mengajukan pertanyaan-pertanyaan kepada responden yang
menjadi narasumber.
2.
Metode pengamatan yaitu pengumpulan data
dilakukan dengan cara melihat, mengamati serta menganalisis apa yang menjadi
objek. Dalam hal ini penulis melakukannya dengan cara mengikuti kegiatan
pembelajaran yang ada di Taman Kanak-kanak Mamba’ul Ulum, khususnya kegiatan di
kelas TK, Kelompok Bermain dari awal hingga akhir.
BAB
II
HASIL
OBSERVASI
Pada Sentra Bahan Alam
a) Pembukaan kegiatan awal:
1. Pelaksanaan
pijakan sebelum bermain sesuai SOP Pmb/004
2. Membahas
bersama anak tema dan kegiatan bermain
b) Media Kegiatan:Alat dan Bahan
1. Bermain
pasir
2. Menggambar
bebas: kertas, pensil, krayon
3. Bermain
Air
4. Meniru
kata: pensil penghapus
c) Kegiatan Diluar Kelas:
1. Penyambutan
anak sesuai SOP penyb/001
2. Kegiatan
jurnal pagi sesuai SOP S-GL/003
3. Bermain
motoric kasar dan halus
4. Bermain
bebas
v Transisi
Antri ke toilet, cuci tangan, berbagi menuju sentra
dengan tertib
d) Penutup
1. Recalling
2. Berdoa
sebelum makan
3. Makan(bekal
anak)
4. Berdoa
sesudah makan
5. Mengulas
tema pada hari itu
6. Baca
surah al asr dan doa orang tua
Keadaan
TK, PAUD, dan Kelompok Bermain Yayasan Ummul Khair Bajubang sudah cukup baik
sebagai wilayah edukasi yang kondusif. Dengan bangunan gedung milik sendiri,
terdiri atas lima sentra belajar untuk sentra kelas Main Peran, sentra kelas
Seni dan Kreativitas dan sentra kelas Persiapan, sentra kelas ImtaQ dan sentra
luar Bahan Alam. ruang guru dan staff, ruang pembelajaran untuk kegiatan guru,
seperti kejar paket
ataupun pelatihan keterampilan,toilet, serta halaman bangunan yang cukup luas
sebagai arena bermain dan berkreasi anak anak. Suasananya kondusif dalam artian
baik dan mendukung sebagai tempat belajar yang tenang dan aman.
Foto-Foto Kegiatan Pada Sentra BelajaR Bahan Alam
c. Alat Permainan yang ada di TK Mamba’ul
Ulum
·
Alat
PermaninanIndoor
ü Gambar
presiden dan wakil presiden
ü Gambar
pancasila
ü Poster
bergambang bunga rukun islam
ü Poster
bergambar alat-alat transportasi
ü Poster
bergambang buah anggur rukun iman
ü Poster
bergambar alat-alat music
ü Poster
bergambar 4 sehat 5 sempurna
ü Poster
bergambar sholat 5 waktu
ü Poster
bergambar huruf hijaiyah
ü Poster
bergambar tata cara wudhu
ü Poster
bergambar nama hari-hari
ü Poster
bergambar nama-nama Nabi
ü Poster
bergambar angka
ü Poster
bergambar sayur mayur
ü Poster
bergambar rukun islam dan iman
ü Poster
bergambar nama bulan Islam
ü Gambar
huruf alphabet
ü Gambar
latihan membaca
ü Kalender
ü Kipas
angin
ü lemari
untuk tempat buku gambar siswa dan buku tulis
ü Gambar
kegiatan profesi orang
ü Gambar
pemandangan
ü Gambar
alat-alat komunikasi
ü Gambar
tempat-tempat ibadah
ü Tempat
duduk dan meja siswa
ü Tempat
untuk meletakkan pensil berwarna dan krayon
ü Jam
dinding
ü Mading
untuk menempelkan hasil karya siswa
ü Gunting
ü Alat
mencocok
ü Berbagai
jenis puzzle (puzzle susun segitiga, puzzle susun lingkaran, puzzle binatang,
puzzle gambar buah)
ü Keranjang
sampah
ü Balok
susun
ü Papan
tulis
ü Jadwal
kegiatan pelajaran
· Alat
Permainan Outdoor
ü Ayunan
(ayunan gantung dan ayunan geser)
ü Prosotan
ü Jungkat-jungkit
ü Jembatan
pelangi
ü Ring
basket
ü Terowongan
ü Tempat
duduk putar
ü Kubus
pijakan,dll
Ket: ini adalah ruang kantor TK mamba’ul Ulum
A. OPERASIONAL
KEGIATAN TK,PAUD,KB
1. Kegiatan anak
Berdasarkan hasil
observasi saya, untuk seluruh siswa masuk pada 08.00 WIB. Anak-anak datang
sebelum jam masuk atau tanpa diantar oleh keluarganya.
Anak mengikuti kegiatan
pembelajaran seperti yang akan diuraikan di bawah ini. Sedangkan pada jam
istirahat, anak-anak bermain di luar dengan alat permainan outdoor, sebagian
ada yang membeli makanan ringan.Anak-anak pulang pada pukul 10.00 WIB setiap
harinya.
2. Kegiatan guru
Jumlah guru yang ada di
Yayasan Ummul Khair ada 7 orang, dengan masing masing sentra 1 guru, ada guru
pemabntunya. Para guru datang ke Yayasan dan anak-anak sudah mulai datang di
depan pintu.Guru membersihkan dan menata sentra kelas kemudian baru memulai
pembelajaran.Ketika pembelajaran selesai, guru merapikan alat-alat yang
digunakan dan membersihkan ruang kelas kemudian berdiskusi dengan guru lainnya
di ruangan kantor baru kemudian pulang.
3. Kegiatan orang tua/pendamping
Sebagian siswa datang
tanpa diantar orang tua mereka, karena umumnya jarak rumah mereka cukup dekat.
Namun ada juga anak yang diantar dan dijemput orang tuanya setiap hari. Pada
waktu istirahat semua anak memakan bekalnya dan setelah usai mereka bermain
kemudian pulang,tidak ada satu orang tua pun yang menemani anaknya. Pas sudah
ada dekat waktu pulang orang tua mulai datang menjemput anaknya ada orang tua
murid yang mengobrol dengan wali muridnya yang lain, ada juga yang mengobrol
dengan guru pengajar.
B. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Berdasarkan
hasil observasi yang saya lakukan pada hari jum’at,
28 april 2017 kegiatan pembelajaran di :
A. Sentra Bahan Alam
Kegiatan Awal 30 menit
yang dilakukan di TK pukul 08.00-08.30
o
Baris
o
Bernyayi
o
Menggerakkan badan
o
Absen
o
Menuju ke Sentra
Kegiatan Inti 60 menit
yang dilakukan di tiap-tiap sentra
Berikut adalah
kegiatan-kegiatan yang telah saya observasi di sentra persiapan.Pada waktu itu,
kegiatan intinya adalah bertemakan Alat Komunikasi/Telepon dan HP
30 menit pertama (pukul
08.30-09.00)
o
Membaca doa sebelum belajar
o
Menyanyi lagu-lagu telepon komunikasi
o
Menyebutkan aturan main
o
Guru menanyakan tema apa hari ini
o
Guru menanyakan manfaat Telepon dan HP
o
Guru menceritakan tentang Telepon dan HP
o
Kemudian anak diberikan waktu untuk
menjawab pertanyaan dan memilih pembelajaran apa yang di inginkan
o
Ada yang bermain Ayunan
o
Ada yang bermain Perosotan
o
Ada yang lari-larian dan bermain
pesawatan
30 menit kedua (pukul
09.00-09.30)
o
Anak di ajak berbaris di luar
o
Disaat antri guru membantu memberikan
sabun
o
Kemudian satu persatu anak mencuci
tangannya
o
Setelah itu anak langsung masuk kedalam
sentra
o
Membaca doa sebelum makan
o
Membuka bekal mereka masing-masing
o
Dan langsung makan bersama
o
Setelah makan mereka bermain diluar
Istirahat (pukul 10.00)
Anak-anak yang selesai
makan kemudian memanfaatkan waktu istirahat selama 30 menit.Ada yang bermain di
permainan outdoor, Namun ada juga yang masih makan karena belum selesai.
1) Kegiatan Penutup
• Setelah selesai,guru
membersihkan lantai sentra sedangkan anak-anak bermain kembali
• kemudian setelah
sentra sudah dibersihkan anak-anak kembali masuk kedalam
• Anak-anak diminta
berkumpul kembali
• Membahas tentang tema
pada hari itu
• Membaca surat Al ‘Asr
• Membaca doa selesai
belajar
• Mengucapkan salam
“Assalamu’alaikum”
Itulah salah satu
sentra yang saya masukin pada saat observasi,kemudian saya lanjut observasi
pada hari berikutnya
Komentar
Posting Komentar